Inilah Perkembangan Bayi 12 Bulan Perlu Diperhatikan Para Orang Tua Agar Optimal

Pada usia satu tahun umumnya bayi sudah bisa berjalan. Meskipun beberapa bayi masih ada yang belum bisa berjalan, tetapi persentasenya relatif kecil. Pada perkembangan bayi 12 bulan bayi sudah makin pintar memainkan tangannya. Dengan pelatihan yang tepat, bayi dapat lebih pintar dan mahir berbicara.

Ciri perkembangan bayi 12 bulan

Meski tidak selalu sama tetapi kebanyakan bayi usia 12 bulan akan mengalami perkembangan tersebut. Bayi usia satu tahun memiliki ciri yang tampak sebagai berikut:

  • Sudah bisa berdiri sendiri, meskipun masih sebentar
  • Sudah dapat berubah-ubah posisi misalnya dari berbaring, duduk, berdiri
  • Bayi dapat berguling tanpa bantuan
  • Dalam mengutarakan keinginannya, bayi tidak selalu dengan menangis
  • Sering menggunakan bahasa sendiri yang kadang tidak bisa dipahami orang dewasa
  • Dapat mengatakan lebih dari dua kata
  • Dapat mengambil benda dan menggenggamnya
  • Hal yang cukup unik adalah memukulkan dua benda yang dipegang di tangan kanan dan kirinya
  • Bisa makan sendiri meskipun masih tampak berantakan
  • Dapat melambaikan tangan dan bisa diajak toss
  • Setiap aktivitas yang dilakukan orang lain sudah bisa ditirukan

Cara Melatih Kecerdasan dan Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan

Anda dapat mengajak bayi berjalan-jalan jika bayi sudah bisa berjalan. Kompleks dekat rumah dapat menjadi pilihan Anda mengajak jalan-jalan. Disamping pelatihan berjalan, bayi juga dapat sekaligus belajar mengenal lingkungan dan bersosialisasi dengan tetangga.

Bayi mulai sering memainkan tangan sehingga koordinasi tangan dan penglihatan semakin membaik. Untuk lebih memantapkan, Anda dapat mengajarkan lagu anak-anak dengan pergerakan tangan. Selain itu, bayi juga menyukai dengan memberikan mainan lalu diminta kembali.

Agar bayi terlatih pandai berbicara, Anda dapat meminta Anak Anda bercerita tentang pengalaman di hari itu. Hal yang dapat Anda lakukan adalah menanyakan siapa tadi yang bermain dengannya, dengan siapa saja ia bertemu atau hal apa yang paling ia sukai. Selain itu, Anda dapat mengajak bermain tebak-tebakan nama benda yang bisa dilakukan di mana saja. Sesekali Anda tanyakan benda yang asing baginya.

Agar perkembangan otak bayi usia 12 bulan berkembang, ibu dapat Mengajak bayi bermain. Hal tersebut dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan kognitif serta kemampuan fisik dan sosial.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu pada Masa Bayi Usia 12 Bulan

Selain ciri dan cara melatih perkembangan bayi 12 bulan, ada beberapa yang perlu diperhatikan, yakni sebagai berikut.

Anda tidak bisa mempertahankan kebiasaan bayi dari penggunaan dot atau botol susu dalam minum bayi. Namun, Anda perlu mengajarkan cara minum gelas secara perlahan dengan penggunaan cangkir sippy. Dengan cangkir sippy, bayi akan belajar memegang gelas sungguhan. Penghentian penggunaan dot perlu dilakukan supaya bayi tidak ketergantungan. Kemudian, fase bayi belajar berbicara juga dapat terhambat jika bayi masih minum dengan dot. Akan tetapi, jangan terlalu dipaksakan langsung menggunakan gelas karena akan mempengaruhi mentalnya.

Demikian, bayi sebagai anugerah yang diberikan Tuhan. Maka perkembangan bayi 12 bulan juga perlu diperhatikan Anda sebagai orang tua. Tentunya perhatian lebih yang Anda berikan akan berpengaruh terhadap kecerdasan intelektual dan emosional.