Jaga Kesehatan Jantung, Ini 4 Cara Menurunkan Kolesterol LDL Ini

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh, merupakan kondisi yang dapat memicu penyakit berat seperti stroke dan sakit jantung. Maka dari itu, Anda harus menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh bisa tetap normal, sehingga tubuh bisa tetap prima kondisinya. Jika kadar kolesterol dalam darah diketahui meningkat, Anda bisa lakukan 4 cara menurunkan kolesterol LDL berikut ini.

  1. Konsumsi Makanan Sehat Ramah Jantung

Menu makanan yang Anda konsumsi berkontribusi sangat besar pada jumlah kolesterol dalam darah. Maka dari itu, pastikan hanya asupan makanan yang sehat dan ramah jantung saja yang Anda konsumsi, agar kadar kolesterol jahat bisa dikurangi. Lalu, apa saja jenis makanan yang baiknya dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol ini?

Makanan yang direkomendasikan untuk menurunkan kolesterol adalah makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang pohon. Selain itu, Anda juga direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan kaya omega-3 seperti ikan salmon, serta serat larut air yang terkandung dalam makanan seperti oat.

  1. Rutin Berolahraga Setidaknya 5 Kali dalam Seminggu

Kadar kolesterol jahat juga bisa diturunkan dengan cara rutin berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga atau aktivitas fisik ringan, untuk menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik ini setidaknya 5 kali dalam seminggu selama 30 menit saja. Anda bisa membiasakan diri untuk bersepeda ke kantor, mulai jogging di sore hari, dan aktivitas fisik ringan lainnya.   

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Tahukah Anda kalau merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh? Atas efek buruknya ini, baiknya Anda mulai menghentikan kebiasaan merokok dari sekarang. Efek dari menghentikan kebiasaan merokok, bisa Anda rasakan dalam waktu singkat. Hanya dalam hitungan 20 menit saja, tekanan darah dan detak jantung akan kembali normal seperti sedia kala. 

Efek jangka panjang dari menghentikan kebiasaan merokok ini pun tak kalah bagusnya. Jika Anda sudah berhenti merokok selama 3 bulan, maka kualitas peredaran darah dan fungsi paru-paru akan mengalami peningkatan. Nah, setelah 1 tahun berhenti merokok, maka risiko Anda terkena penyakit jantung akan berkurang setengahnya, dibandingkan dengan orang yang masih aktif merokok. 

  1. Mengurangi Kelebihan Berat Badan

Berat badan yang berlebihan berkontribusi pada naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, usahakan untuk mencapai berat badan ideal. Kurangi atau hentikan kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kalori berlebih, agar tubuh tak semakin menggemuk. Tak lupa, jadikan aktivitas fisik ringan sebagai rutinitas, agar berat badan ideal makin cepat dicapai.

Itulah tadi 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan mengikuti cara menurunkan kolesterol LDL tersebut, maka Anda bisa menjaga kesehatan jantung, serta menghindarkan diri Anda dari risiko penyakit berat lainnya seperti stroke. Selalu budayakan gaya hidup sehat, ya!