Jangan Bingung, Ini Dia Beda Americano dan Espresso

Saat Anda berada di cafe langganan, pasti pernah mendengar americano dan espresso. Namun, apakah Anda tahu mengenai beda americano dan espresso tersebut? Berikut ini ada beberapa informasi yang bisa Anda simak agar Anda juga tidak salah memesan saat berada di cafe.

  • Sejarah

Awal mula dari kopi espresso sendiri berasal dari biji kopi yang berasal dari Italia. Biji kopi itu juga memiliki nama espresso. Nama ini diambil dari bahasa Italia. Adapun makna dari espresso sendiri adalah cepat. Dinamakan espresso, karena hasil penyeduhan kopi ini disajikan dengan segera kepada penikmatnya tanpa ada tambahan komposisi lainnya.

Sedangkan awal mula kopi americano disebabkan para warga Amerika tidak terlalu menyukai kopi espresso yang terlalu pekat. Oleh karena itu, orang-orang Amerika lebih senang menambahkan air pada hasil penyeduhan kopi espresso. Minuman kopi pun terlihat lebih encer daripada hasil penyeduhan kopi espresso yang asli.

  • Komposisi

Apabila Anda ingin menikmati kopi espresso biasa, maka tidak ada campuran sama sekali.  Sebatas penyeduhan dari biji kopi espresso secara langsung. Anda hanya memerlukan semburkan air panas dengan temperatur hingga 90oC dan kurang lebih 45 ml pada 7 sampai 9 gram bubuk kopi. Proses pengekstrasiannya juga memerlukan bantuan dari mesin espresso khusus. Hal ini bertujuan untuk mengekstraksi biji kopi untuk mendapatkan minuman yang nikmat.

Sedangkan minuman americano memiliki komposisi hasil penyeduhan kopi espresso dengan ukuran satu shot. Ukuran satu shot ini setara dengan 25 sampai 35 ml. Selain itu ditambah lagi dengan air panas sampai batas demitasse kurang lebih 178 ml. Perbandingan antara kopi espresso dan air saat meracik kopi americano adalah 1:4. Jadi, hasil akhirnya, kopi americano tidak terlalu pahit seperti kopi espresso.

  • Crema

Hal yang membedakan antara kopi espresso dan kopi americano terletak pada crema. Crema ini didapatkan saat kopi telah selesai diseduh. Pada kopi espresso, Anda akan melihat crema saat setelah selesai menyeduh.

Warnanya sedikit cokelat keemasan. Sedangkan pada kopi americano, Anda tidak bisa melihat crema. Pasalnya, kopi americano telah ditambahkan dengan air panas. Hal ini dikarenakan unsur air panas yang ditambahkan dapat memecah unsur crema.

  • Olahan

Kopi americano merupakan bentuk olahan dari kopi espresso. Hal ini dikarenakan kopi espresso dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kopi americano. Sedangkan pada kopi espresso, Anda bisa membuat berbagai macam bentuk olahan.

Pasalnya, kopi espresso adalah kopi yang dijadikan bahan dasar dalam membuat berbagai macam olahan minuman kopi. Misalnya saja jika Anda mencampurkan kopi espresso dengan susu dan buih susu akan menjadi minuman kopi cappucino.

  • Cara Saji

Cara penyajian pada kopi espresso ada yang memakai ukuran satu shot dan dua shot. Apabila Anda mampu menahan rasa pahitnya kopi espresso, Anda bisa meminta lebih dari ukuran tersebut tanpa ada campuran apapun. Hanya hasil ekstraksi dari biji kopi espresso. Sedangkan kopi americano disajikan memakai ukuran satu shot kopi espresso dan ditambahkan air panas.

Nah, itulah beda americano dan espresso yang bisa Anda pelajari. Apabila Anda ingin melihat perbedaannya secara langsung, Anda bisa datang langsung ke cafe dan melihat barista membuat kopi tersebut. Dengan begini, Anda jadi tidak salah pilih saat memesan minuman kopi ini.