Pecinta Kopi Wajib Tahu, Ini 5 Fakta Penting Tentang Kopi Hijau

Jangan ngaku sebagai pecinta kopi sejati, jika tak tahu tentang eksistensi kopi hijau. Kopi memang tak selamanya hitam, guys! Popularitas kopi hijau ini pun juga lagi meningkat sekarang ini di dunia, walau di Indonesia masih banyak orang yang tak begitu tahu mengenai kopi ini. Jika Anda penasaran, yuk simak 5 fakta mengenai kopi hijau berikut ini.

  1. Berasal dari Biji Kopi yang Sama dengan Kopi Hitam

Saat mendengar tentang kopi satu ini atau pun melihatnya, mungkin Anda berpikiran kalau kopi ini merupakan kopi varietas baru. Padahal, kopi ini berasal dari biji kopi yang sama kok dengan kopi hitam yang mungkin sering Anda konsumsi. Kopi yang berwarna hijau bisa berasal dari biji kopi Arabika, Robusta, atau pun varietas biji kopi lainnya yang telah mendunia.

  1. Disajikan Tanpa Melewati Proses Pemanggangan

Jika berasal dari jenis kopi yang sama, kenapa warnanya bisa hijau? Mungkin pertanyaan ini muncul di benak Anda. Nah, jawabannya sangat simpel, karena biji kopi yang berwarna hijau tersebut tak melewati proses pemanggangan atau roasting. Hal ini berbeda dengan biji kopi hitam yang melewati proses roasting, hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Biji kopi yang berwarna hijau, akan langsung dijual setelah melewati proses pemetikan, pemisahan buah dan biji, dan pengeringan. Jadi, bisa dibilang kalau biji kopi ini hanya melewati sebagian dari proses pengolahan biji kopi pada umumnya. Dikarenakan tidak melalui proses roasting, maka aroma kopi yang dimilikinya lebih natural, lumayan berbeda dengan aroma pada kopi hitam.

  1. Kaya Akan Kandungan Asam Klorogenik

Berhubung biji kopi ini tidak melewati proses roasting atau pemanggangan, maka senyawa kimia berupa asam klorogenik di dalamnya tetap melimpah kadarnya. Nah, asam klorogenik ini sendiri dipercaya memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Pengonsumsiannya sendiri banyak ditujukan untuk mengatasi obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan infeksi bakteri lainnya.

  1. Mulai Populer Sejak Tahun 2012

Popularitas kopi ini sendiri bermula pada tahun 2012, sejak disebutkan dalam program Dr. Oz sebagai biji kopi yang bisa mempercepat pembakaran lemak. Sejak itulah, popularitas kopi ini meningkat dengan sangat pesat, khususnya untuk menurunkan berat badan. Alhasil, banyak orang yang menjadikan kopi ini sebagai bagian dari menu dietnya.

  1. Memiliki Kandungan Kafein yang Lebih Rendah

Seperti biji kopi pada umumnya, kopi satu ini juga memiliki kandungan kafein di dalamnya. Namun, jumlah kandungan kafein yang dimilikinya terbilang lebih rendah dibandingkan dengan kandungan kafein dalam kopi hitam. Walau begitu, tetap saja efek pengonsumsian kafein bisa Anda alami, jika mengonsumsi olahan biji kopi ini.

Itulah tadi 5 fakta penting yang harus Anda ketahui mengenai kopi hijau. Intinya kopi ini berasal dari jenis kopi yang sama dengan kopi hitam, namun bedanya kopi hijau tak melewati proses roasting. Kopi ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka dengan aroma alami kopi, serta ingin mengonsumsi kopi yang kadar kafeinnya lebih rendah.