Rangkain Doa Pernikahan untuk Pengantin Baru

Momen di mana dua orang manusia mengikat janji suci hingga akhir hayat menjadi satu titik balik yang selayaknya dibarengi dengan banyak doa. Tak hanya menyatukan dua kepala, namun pernikahan juga menyatukan dua buah keluarga agar mampu sejalan. Nah, berikut ini beberapa doa pernikahan untuk diucapkan di hari bahagia tersebut.

Doa Keberkahan

Satu hal utama dalam menjalani setiap kehidupan adalah terdapatnya berkah dan kasih sayang Tuhan yang menyertai. Oleh karena itu bagi teman, saudara, atau tamu undangan, doa pertama yang diajarkan oleh Nabi dalam ajarannya ketika hadir dalam resepsi perayaan pernikahan adalah doa meminta keberkahan.

Doa tersebut berbunyi ‘Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a baynakuma fii khair’ (HR Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majahs). Arti dari doa tersebut adalah ‘Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu, semoga Allah mencurahan keberkahan atasmu dan semoga kalian dipersatukan dalam kebaikan.’

Doa Meminta Kebahagiaan dan Ketenangan

Dalam sebuah pernikahan, tentulah akan dijumpai berbagai batu sandungan yang akan menguji sejauh mana ketetapan kedua orang tersebut dalam mengarungi kehidupan bersama. Doa pernikahan berikut mungkin sudah tidak asing lagi didengar karena memang tidak diperuntukkan untuk pengantin baru saja, akan tetapi bagi mereka yang sudah berumah tangga.

Ucapan doa dalam bahasa Arab berupa ‘Rabbana hablana min azwajinaa wa zurriyatina qurrata’ayun waj’alna lil muttaqiina imama’. Yang memiliki arti ’Ya Tuham kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.’

Doa Setelah Akad Nikah

Ucapan doa yang satu ini khusus dibacakan oleh mempelai laki-laki kepada wanita yang baru saja sah menjadi instri. Doa berikut ini berisi harapan dan doa seorang suami agar Allah membrikan kebaikan terhadap keduanya serta melindungi mereka dari kejelekan masing-masing.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa Rasulullah saw. menganjurkan bagi pengantin laki-laki untuk mengecup ubun-ubun istri disertai basmallah dan doa berikut ini:”Allahumma inni as’aluka min khairihawa khairi ma jabaltaha ‘alaihi. wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi.”

Arti dari doa tersebut adalah ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan dari dirinya dan kebaikan apa yang Engkau tetapkan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan dari apa yang Engkau tetapkan atas dirinya.’

Itulah beberapa doa pernikahan pilihan yang terdapat dalam Islam. Walaupun doa bisa diucapkan dengan bahasa mana pun, akan tetapi akan sangat baik apabila sebagai umat Islam mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw. Doa yang diajarkan pun tidak panjang dan mudah dihafal. So, tunggu apalagi, segera catat dan dihafal ya.